Mengenal USG 4 Dimensi

Pernahkah Anda bayangkan bagaimana wajah janin yang berada dalam kandungan Anda?

Lima-enam tahun yang lalu, mungkin hal ini masih sebatas “mimpi”. Tapi kini, Anda bisa melihatnya malalui USG 4 Dimensi (4D). Salah satu fungsi pemeriksaan dengan ultrasonography (USG) adalah  untuk melihat kehamilan.

Pemeriksaan kehamilan dengan USG sendiri dibagi 3 tahapan. Pada pemeriksaan trimester pertama, yang diperiksa antara lain kehamilan tidak berkembang, kahamilan di luar kandungan, kehamilan dengan mola (hamil anggur), pendarahan di balik calon ari-ari dan sebagainya.

Pada trimester pertama, pemeriksaan USG juga akan membantu memastikan ada tidaknya detak jantung janin, Kita juga bisa melihat kelainan lain, misalnya bayi kembar. Jadi kita bisa mengambil tindakan sejak dini, Juga bisa mendeteksi adanya kelainan bentuk kepala, karena ada janin yang tulang kepalanya tidak terbentuk.

Pada trimester kedua, USG akan membantu melihat bentuk jantung dan Sistem Saraf Pusat (SSP). Jadi dapat dilihat ada tidaknya kelainan di otak, kelainan hidrosephalus, kelainan katarak pada bola mata, serta kelainan rongga jantung.

Pada pemeriksaan trimester kedua ini juga bisa dilihat ada tidaknya kelainan tulang belakang, meliputi celah pada tulang belakang (Spina Bifida).

Pada trimester ketiga, kita bisa melihat posisi, ukuran, aliran darah, tali pusat, lilitan tali pusat dan letak plasenta dengan baik.

Juga kelainan lain, seperti ari-ari di bawah atau janin terlilit tali pusat atau tidak. Boleh dibilang, manfaat 4D lebih ke arah performance dan appearance dari janin yang mudah dimenerti orangtua. Itu sebabnya wajah sang jabang bayi pun tampak jelas melalui USG 4D, apakah sedang tersenyum, sedih, akan terlihat lewat USG 4D.

Tentu fungsi USG 4D tak hanya itu, piranti canggih ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan USG biasa. Selain dapat mengetahui permukaan (surface) anatomi bayi secara lebih jelas, mulai wajah hingga kelengkapan anggota badan, juga bisa mengetahui kelainan pada bayi secara jelas.

Keunggulan lain USG 4D adalah pada pemeriksaan jantung. Dahulu kita tidak mungkin menganalisa jantung dengan gambar yang begitu jelas, bisa bergerak, bisa dipelankan geraknya, diputar, diperbesar, dan sebagainya. Dengan USG 4D ini, hal-hal tersebut dapat dilakukan. Gambar yang muncul adalah gambar jantung utuh, sehingga terlihat rongga, katup, dan sebagainya. Yang harus dipahami, USG tidak menggunakan radiasi, tapi gelombang suara yang relatif aman selama silakukan oleh seorang yang ahli.

Ibu mana yang tak ingin melihat/mengintip kehidupan dalam rahimnya secara lebih jelas? Pasti semua ibu menginginkan hal tersebut. Silakan kunjungi GA Clinic untuk mendapatkan pelayanan USG 4 Dimensi.

Contact Us

GA Clinic - Dr. Gregorius Agung H, SpOG
Jl. Menur Pumpungan 167 A
Surabaya, 60118 · Indonesia

phone: (031) 5963706 · (031) 72889404
email: gregspog@yahoo.com

» Peta Lokasi

Comments

  1. Ervin says

    Berapa biaya USG 4D nγα̇ ? Α̇þα̇ ϐΐ§ª ∂i rekam ∂i CD untuk kenang2an ? Terima Kasih

  2. anang says

    Dok no member di login susah banget…apa ada pembaruan format di websitenya? terimakasih

  3. umi atikah says

    Dok, moohon info untuk biaya uusg 4 dimensinya brp Ɣååª
    Trima kasih

  4. Dewi says

    dok. mohon infonya untuk biaya kontrol dan UsG 4D. oh ya waktu praktiknya hari apa n jam brapa? trima kSih ….