GA Clinic tutup tanggal 24 - 28 Desember 2014 dan buka kembali tanggal 29 Desember 2014 kemudian tutup lagi tanggal 30 Desember 2014 - 5 Januari 2015.

17 Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Ibu Hamil

1. Seberapa banyak ibu hamil boleh minum kopi, teh, atau minuman bersoda?
Kopi dan teh mengandung xantin, kafein, teofilin dan teobromid. Kafein dapat meningkatkan tekanan darah dan membuat wanita hamil lebih sering berkemih, selain juga dapat menembus plasenta dan mencapai janin. Dosis maksimum kafein yang boleh dikonsumsi wanita hamil adalah 400 mg kafein per hari. Jadi, kopi hanya boleh diminum maksimum 3 cangkir per hari (+300 mg kafein; 100 mg kafein sama dengan 3 sendok kecil kopi). Sedangkan teh hanya boleh diminum maksimum 8 cangkir per hari (+ 300 mg kafein).

Satu gelas minuman bersoda (soft drink) mengandung sekitar 250 kalori ditambah gula fruktosa yang tak baik dikonsumsi ibu hamil. Fruktosa pada soft drinkmerupakan gula sintetik yang diekstrak secara kimiawi dari jagung, dan memiliki kalori sangat tinggi sehingga akan meningkatkan kadar gula darah dengan sangat cepat. Risikonya, timbul diabetes melitus selama kehamilan dan janin mengalami kelebihan berat badan. Maka itu, minuman ini harus dihindari sejak awal kehamilan sampai melahirkan.

2. Bolehkah ibu hamil ngemil cokelat?
Memang, bagi calon ibu yang di usia awal kehamilannya merasa mual muntah adakalanya menyiasati dengan camilan cokelat. Sebetulnya, cokelat juga mengandung kafein, tapi dalam jumlah kecil. Konsumsi cokelat selama kehamilan dapat mem-bantu menciptakan perasaan lebih tenang bagi ibu hamil. Kandungan gula di dalam per-men cokelat terkadang dapat membantu mengatasi penurunan gula darah saat mual-mual di awal kehamilan. Hanya saja, bila ibu hamil dengan kenaikan berat badan yang terlampau banyak, maka perlu mengendalikan asupan karbohidrat yang dikonsumsi. Konsumsi permen cokelat pada ibu hamil yang gemuk terkadang berisiko menyebabkan diabetes melitus dalam kehamilan.

3. Selama hamil bolehkan makan makanan pedas atau yang amat berbumbu?
Makanan yangmengandung banyak bumbu seperti cabai atau merica terkadang dapat menimbulkan gangguan pada lambung dan gangguan pencernaan lain seperti diare. Makanan seperti ini tak menimbulkan bahaya terhadap janin. Jika timbul diare setelah mengonsumsi makanan pedas, cukup dengan menghentikan konsumsi makanan tersebut, dan mengganti elektrolit yang hilang dengan minum oralit. Diare akan berhenti spontan tanpa harus minum obat tertentu.

4. Bolehkah ibu hamil melakukan perawatan dengan sauna?
Mandi sauna (atau mandi dalam bak berombak/whirl pool) atau mandi uap akan meningkatkan suhu tubuh sampai suatu keadaan yang disebut sebagai hipertermia. Kondisi ini dapat menyebabkan kecacatan janin terutama jika dilakukan pada usia kehamilan trimester pertama (1-3 bulan). Sementara kalau sekadar lulur misalnya yang berguna untuk mencerahkan dan membersihkan kulit, tidak membahayakan janin.

5. Bolehkah ibu hamil menggendong anak batita?
Anak batita (usia 1-3 tahun) biasanya ingin digendong ibu. Dengan alasan dapat mengganggu keseimbangan ibu hamil, maka ibu hamil tak dianjurkan membawa benda lebih dari 12,5 kg. Sehingga mengendong anak dengan berat badan 12,5 kg atau lebih tak dianjurkan dilakukan oleh ibu hamil. Pengertian terhadap anak perlu diberikan secara bertahap dan sabar.

6. Vaksinasi apa saja yang boleh dan tak boleh dilakukan pada ibu hamil?
Imunisasi yang rutin diberikan kepada ibu hamil di Indonesia saat ini adalah imunisasi tetanus toxoid; bermanfaat mencegah terjadinya infeksi kuman tetanuspada bayi yang baru lahir (neonatus). Imunisasi lainnya yaitu hepatitis namun belum menjadi program di Indonesia.
Sedangkan imunisasi yang terlarang dilakukan pada ibu hamil adalah imunisasi terhadap rubella, campak, gondong (parotitis), dan cacar air.

7. Bagaimana posisi tidur yang paling dianjurkan bagi ibu hamil?
Posisi tidur yang paling baik selama hamil adalah miring ke kiri karena dapat membantu melancarkan aliran darah dari ibu ke janinnya. Posisi terbaik kedua adalah miring ke kanan.
Tidur telentang tak dianjurkan, terutama setelah kehamilan memasuki usia kehamilan tri-mester ketiga. Sebab, rahim akan menekan pembuluh aorta dan pembuluh vena di tulang belakang sehingga mengurangi aliran darah dari ibu ke janin. Sementara kalau tidur telungkup pada umumnya hanya bisa dilakukan ketika rahim belum terlampau besar (kurang dari 4 bulan).

8. Bila ibu hamil mengalami sulit tidur, bolehkan mengonsumsi obat tidur?
Ibu hamil memang memerlukan istirahat yang cukup. Sering kali ibu hamil sukar tidur di malam hari, namun mengantuk dan tertidur di siang hari. Kondisi kurang tidur tak akan mengganggu janinnya, namun dapat memengaruhi daya tahan (stamina) ibu hamil. Umumnya, wanita hamil sulit tidur di waktu malamdikarenakan kram tungkai bawah, sering berkemih, janin terlampau aktif, cemas mengenai kondisi kehamilan dan cara persalinan, dan sebagainya. Namun, untuk mengatasi sulit tidur ini, tak dianjurkan minum obat tidur. Membaca, mendengarkanmusik lembut, menjahit atau menonton televisi dapat membuat ibu hamil lebih santai.

9. Bolehkah ibu hamil berlama-lama di depan komputer?
Radiasi monitor komputer hampir tidak ada atau hanya sedikit sekali, sehingga komputer tak akan menimbulkan kondisi buruk bagi janin. Akan tetapi, selama kehamilan tak dianjurkan duduk terlalu lama di depan komputer karena dapat meng- akibatkan gangguan aliran darah, terutama di daerah tungkai. Selain itu, penggunaan komputer yang terlalu lama juga sering menimbulkan kelelahan pada mata.

10. Bagaimana pula dengan penggunaan obat-obatan pada ibu hamil yang sakit?
*Jika menderita demam, ibu hamil diperbolehkan minum parasetamol (asetaminofen). Walaupun obat ini dapat menembus plasenta, namun selama dosisnya kecil, tak akan menyebabkan kelainan pada janin.
+ Ibuprofen tak dianjurkan diberikan kepada wanita hamil karena obat ini berpotensi menimbulkan kecacatan pada janin, terutama jika diberikan pada trimester ke-3.
+ Jika ibu hamil menderita flu, maka pemberian antihistamin harus secara hati-hati dan dengan indikasi yang sangat selektif.
*Antidepresan dilarang diberikan kepada wanita hamil karena terbukti dapat menimbulkan kecacatan terhadap janin dalam kandungan.
* Pemberian antibiotika kepada wanita hamil harus sangat hati-hati:
– Golongan penisilin dan makrolid dapat diberikan kepada wanita hamil.
– Golongan kloramfenikol dan aminoglikosida dapat diberikan dengan sangat hati-hati.
– Golongan tetrasiklin tidak dianjurkan diberikan kepada wanita hamil, karena dapat menimbulkan kecacatan pada janin dalam kandungan.

11.Perlukah ibu hamil minum susu khusus hamil?
Susu merupakan sumber protein, lemak, karbohidrat, dan vitamin yang baik untuk ibu hamil. Guna memperoleh sumber nutrien ini, ibu hamil tidaklah harus memperoleh dalam bentuk susu namun dapat pula dalam bentuk hasil olahannya seperti keju, mentega dan es krim. Saat ini telah diproduksi susu ibu hamil dalam bentuk susu bubuk instan yang ditambahkan beberapa unsur vitamin dan mineral. Tidak semua ibu hamil merasa nyaman mengonsumsi susu jenis ini. Terkadang mereka merasa mual dan bahkan sampai timbul diare. Sebenarnya, ibu hamil dapat saja mengonsumsi susu selain susu yang khusus dibuat untuk ibu hamil.

12. Baikkah konsumsi kerang bagi ibu hamil?
Kerang merupakan sumber nutrisi yang baik bagi ibu hamil, karena mengandung protein bermutu baik, merupakan sumber asam lemak omega 3 dan mengandung lemak jenuh yang rendah. Namun perlu diperhatikan, kerang juga sering kali tercemar oleh logam berat seperti merkuri. Logam berat ini tak boleh dikonsumsi ibu hamil, karena dapat menyebabkan cacat janin atau penyakit autis. Sayangnya, untuk mengetahui kerang telah tercemar atau belum, tak ada ciri khusus yang dapat membedakannya. Namun begitu, kita dapat mencegah mengon-sumsi kerang yang telah tercemar merkuri, yakni dengan tidak membeli kerang yang berasal dari perairan yang mengandung banyak limbah industri (baik limbah cair maupun limbah yang berasal dari asap pabrik).

13. Bagaimana dengan konsumsi daging sapi dan unggas, mengingat keamanan pangannya terkadang masih disangsikan?
Daging sapi, ayam atau unggas lainnya merupakan sumber protein hewani yang diperlukan ibu hamil karena bermanfaat untuk pertumbuhan sel, meningkatkan sistem imunitas (kekebalan tubuh terhadap penyakit), menambahsel darah merah, memperbaiki sistem enzim, dan sebagainya. Disamping itu, daging hewan ini juga merupakan sumber lemak hewani. Namun perlu diingat, daging hewan ini sangat rawan terkontaminasi terhadap beberapa virus, bakteri, dan parasit tertentu, seperti toksoplasma dan flu burung. Untuk mencegah hal tersebut, diperlukan sebuah instansi pengawas makanan dan minuman yang mampu melin- dungi dan memberikan jaminan tentang kebersihan dan kesehatan daging hewan yang dikonsumsi masyarakat. Upaya lain, mengganti sumber hewani ini dengan sumber dari ikan (ikan air laut atau ikan air tawar yangsehat dan bersih) atau sumber nabati seperti kacang hijau, kacang kedelai, kacang merah, kacang tanah, minyak kelapa dan sebagainya.

14. Amankah ibu hamil mencat rambutnya?
Cat rambut memang dapat menembus kulit kepala dan masuk ke dalam sirkulasi darah ibu hamil. Sampai saat ini belum ada hasil penelitian yang menunjukkan cat rambut dapat menimbulkan bahaya bagi janin. Namun demikian ibu hamil harus tetap berhati-hati sebelum memutuskan mencat rambutnya.

15. Benarkah renang merupakan olahraga yang paling aman buat ibu hamil?
Ya, renang merupakan olahraga terbaik bagi wanita hamil karena dapat memperkuat otot-otot tubuh secara merata tanpa menimbulkan peningkatan risiko trauma pada persendian atau otot wanita hamil; memperkuat kerja otot jantung; meningkatkan kebugaran; dan memperkuat otot-otot dasar panggul.
Renang merupakan olahraga aerobik, dapat dilakukan setiap saat selama kehamilan, dan di setiap usia kehamilan. Renang selama kehamilan tidak menyebabkan keguguran ataupun infeksi jalan lahir. Namun, renang tidak dianjurkan dilakukan oleh wanita hamil dengan riwayat keguguran lebih dari 3 kali, selaput ketuban yang telah pecah, kehamilan ganda, dan kelainan jantung.

16. Bagaimana dengan yoga, apakah juga aman bagi ibu hamil?
Yoga dapat dilakukan sepanjang kehamilan. Selama tak ada peregangan otot perut, yoga sangat bermanfaat untuk membuat ibu hamil lebih santai. Gerakan yoga yang tak dianjurkan selama hamil adalah menekuk tubuh ke arah belakang dan berdiri dengan satu kaki. Sebab, dapat menyebabkan peregangan berlebih terhadap otot dinding perut sehingga berisiko terjadi trauma pada otot dinding perut. Selain itu, juga tak dianjurkan dengan posisi kepala di bawah dankaki di atas, karena akan mengganggu sirkulasi darah sehingga aliran darah ke janin akan berkurang.

17. Benarkah ibu hamil tak boleh menyusui?
Isapan pada puting susu ibu hamil dapat menyebabkan kontraksi otot rahim, sehingga wanita hamil yang cenderung mengalami persalinan prematur dianjurkan menghentikan menyusui anaknya.

Sumber: Nakita

About Dr. Gregorius Agung, SpOG
Dr. Gregorius Agung H, SpOG menyelesaikan pendidikan Dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya pada tahun 1992 dan Pendidikan Pendidikan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi di universitas yang sama pada tahun 2002.

Comments

  1. MEDIA says:

    Saya media usia 28th sdh menikah selama 3bln,diawal pernikahan menstruasi berjalan lancar tp 2bln belakangan ini cpt sekali bersihnya biasanya saya kl menstruasi smp 10hr ini cm 5hr sdh bersih dan yg terakhir menstruasi cm 3hr sdh bersih tp disertai dgn pusing dan mual,dan akhirnya saya periksa kedr diksh obat mual saya minum mlah netes darah darah saya hentikan bersih lg malah saya sempat berhub intim dgn suami saya tp krn suami khawatir dgn keadaan saya,saya diantar periksa kedokter kandungan tensi saya turun 100/70 dan waktu itu saya diksh obat mual sm vitamin saya minum obat mualnya mlh keluar darah lg itu knp ya Dok??saya bingung mohon jawabannya.terimakasih

  2. fendy says:

    salam… dok mau tanya ya… istri saya Hari terakhir menstruasi tanggal 4 juni dan sampai sekarang (24 Juli) belum dapat, setelah ters kehamilan kata bidan positif disarankan USG, menurut perkiraan berapa minggu kehamilannya dok, trus ketika USG kok informasinya belum namapak atau dibilang masih negatif, mohon penjelasan ya dok…

  3. ega says:

    dok,saya seorng ibu yg skrng sdng hmil ank ke2,namun semnjak saya hamil kira2 umur 3bln khamilan sampai skrng 8bln apabila sesudah melakukan hubungan intin miss v sya akan trasa sakit dn perih yg tramat sangat sehingga kami jd jarang melakukn hbngan krn takut sakit,namun it trjadi kira2 1jam’an saja setlah it akn kmbali normal,n setiap bngun tdur akan trasa kluar cairan mnkin it sejenis keputihan dan kemaluan saya akn trsa gatal dn sngt gatal dr umur khmilan 5blnan kira’ya.it smua ap pnyebab’y dan apa solusi?…apa mungkin ni semua dr bawaan bayi,,,,,,,,,,!

    • melakukan hubgn suami istri itu baik dan bagus pada waktu hamil smpai sblum nifas,,,dan keputihan yg keluar pada masa khamilan itu wajar asal ibu selalu rajin membersihkan Miss V ibu dgn air hangat dan dettol…klo di area miss V ibu ada gatal dan smpei luka dan trjdi peradangan saya sarankan ibu untuk paeriksa kedokter spesialis,,tp klo gatal tanpa ada tanda jamur atau peradangan mungkin dngan rajin membrsihkan area miss V ibu rasa gatal itu akan hilang,,, :)

  4. Ema Darmayanti says:

    selamat siang dok,sy ingin tnya sy pernah mngalami hamil smpai 2 x dan dr hamil itu sy hrs mngalami keguguran jg smpai 2x slma hamil sy sll pendarahan itu di karna kan peranakan sy lemah apa mmg fisik sy nya yg lemah?
    terima kasih sy tunggu jwban nya yah dok

  5. Rita says:

    Pagi Dok,,
    Saya rita,,, saya baru hamil 1,5 bln,,,
    sya sebelumnya ndak pernah suka susu elain susu milo,,,
    apakah boleh minum susu milo selama hamil,,
    krna kalau sya minum susu hamil baunya eneg n muntah dok,,,

    dan apa boleh dok berhubungan intim saat hamil,,
    n cara yg tepat itu gmn ya dok,,,
    mksh n mhon jawabannya,,,
    tks

    • tidak harus ibu hamil minum susu hamil krna jdi susu apapun bgus untuk ibu hamil asal minum susunya tidak ditambah gula,,,,hubungan intim suami istri itu bgus dri awal khamilan smpai melahirkan dan tiadak ada larangan krana hubungan suami istri dpt memperlancar proses melahirkan dan menjaga kdekatan bayi yg dikandungan dngan ayahnya,,,posisi apapun bagus selama dilakukan secara pelan2… :)

  6. sandra says:

    salam dok,,, saya sandra usia 21 th,, sekarg sya telah hamil 9 bulan lebih 2 minggu… yang saya rasakan sekarang dok merasa was was karena setelah kemarin cek ke dokter kandungan perkiraan melhirkan awal bulan februari ini,,, tp sampai sekarg belom jg ada tanda2 nya… apa yg harus saya lakukan dok??? apa lebih baik saya periksa langsung ke rumah sakit??

    • anda tidak perlu was-was,,krna bnyak yg usia kehamailannya 42 s/d 43minggu,,,klo sudah masuk waktu melahirkan pasti akan melahirkan selama kondisi bayi bgus dan keshatan ibu juga bgus,,,,lebih baik anda periksa kedokter/rumah sakit..tapi jika kondisi bagus kedua-duanya,posi2 byi sudah masuk,air ketuban tidak pecah dan berwarna biru dan plasenta juga bagus anda hanya menunggu waktu max 3 hari…

  7. mega says:

    dok,saya mengalami vagina gatal ,apakah ini yang namanya keputihan,kalu iya apa penyebab dan bagaimana pengobatannya ?pliss dok jwb makasih

  8. Arman says:

    Pagi Dr.Greg,saya Samuel..yg mau saya tanyakan yaitu tentang kondisi istri yang mana Pada salah satu putingnya terdapat daging tumbuh,tapi lebih seperti kulit(saya sendiri bingung menjelaskannya) & ini Sudah Ada sebelum menikah..waktu saya tanya apa sakit,istri saya bilang tidak sama sekali,yang Jadi persoalan sekarang yaitu istri saya Sudah hamil mau jalan 7 bulan & kadang sering mengeluh nyeri & bahkan susah tidur karena bukan hanya nyeri tapi sakit katanya,mohon penjelasannya dokter,trimakasih…Thn memberkati

  9. nyeri klo dri dging yg tmbuh di sekitar puting solusinya hrus di periksa krmah sakit,,tpi klo nyeri krna kndungan bisa ada 2 opsi..pertama krna posi2 bayi yg melintang dan disarankan agar banyak melakukan kegiatan dan olah raga,,KEDUA…nyeri krna pergerakan bayi/janin dan itu tidak masalah karna pada umur kndungan 5 bln pergerakan bayi/janin mulai terasa dan menimbulkan sakit bgi ibunya,ada baiknya di usap perut si ibu dan di ajak bicara krna pda masa kndungan 7bln IQ bayi/janin mulai berkmbang dan respek trhadap sntuhan,cahaya,dan alangkah bgusnya diperdengarkan musik dri Hp…. :)

  10. Musliadi says:

    Pgi doK,
    aKhiR2 iNi iStri saya sEriNg mnGelUaRkaN caIraN sEpErTi lEndIr d paGi hari,
    iStRi saYa sEdaNg haMiL 7 bUlaN,
    yaNg saya tNyaKan, iNi pEnyAkiT atAu apA dOk?,
    tLonG kaSiH taU saYa dOk

  11. Iit says:

    Salam kenal dok. Saat ini sy sdg hamil anak ke-3,usia saya 31thn dan usia kandungan sekitar 2blnan. Jarak dg anak ke-2 sekitar 6thn. Sudah hampir sebulan ini saya mengalami nyeri pd daerah tulang miss v. Nyeri sangat berasa saat angkat kaki,angkat barang dan saat tidur. Kira2 berbahaya gak? Saat ini jg sy sering mual dan muntah tiap kali habis makan bahkan minum air putih pun tidak bisa. Sy lbh suka minum sejenis pulpy orange. Itu pun msh keluar jg. Sy blm bisa kontrol ke dokter sekalipun krn tdk tahan dg mual yg sy rasain. Tolong penjelasannya dok. Trims

  12. ayu says:

    Selamat malam dok,
    Sy mau tanya tntang keluhan sy slma hamil.begini dok,sy skrg kn lg hamil 5 bulan,tp sy msh aj merasa pusing dan mual,aplgimklo mlam hari bisa sampai muntah.dan yg mmbuat sy kepikiran koq akhir2 ini sy makinmerasa ngantuk berat.dlu di awal kehamilan jg ngantuk trz bawaannya,tp skrg koq makin parah.sy sering skli ngantuk,bahkan smpai tdk tahan.saat mengendarai spda mtor matanya udhmau merem aj.itu gejala apa ya Dok?berbahaya gak ya?
    Terimakasih

    Ayu

  13. fafa says:

    salam dok, saya mau tanya mengenai kehamilan saya yang berumur 4bln…
    1. pinggang saya terasa sakit sekali , apalagi kalo tidur…?
    2. telapak tangan ssaya terasa panas …? sampe” suami ketakutan..
    3. kalo bangun tidur sering kali lemes banget..?
    4. sebaiknya lakukan usg saat usia berapa yg paling aman, dan usg 2 atau 4 dimensi..?

    apakah keluhan tadi biasa” saja atau ada apa dengan janin saya..?

  14. maya says:

    Malam dok, saya sedang hamil dan menginjak bulan ke7..saya memiliki keluhan rasa nyeri pada daerah tulang di miss v sebelah Kanan kurang lebih seperti itu..kalau membalik kan posisi badan saat baring terasa nyeri,sehabis duduk,mengangkat kakipun terasa nyeri..kira2 itu terjadi Karena apa Ya dok?apa yg Harus saya lakukan? saya Benar2 Butuh Jawaban Dari Dokter, sebelumnya terima Kasih Banyak Dok.

  15. Mama ituz says:

    Dok,sya ituz zahra usia 20 thun, skrg sya hamil ank pertma . UK 6w ini sya tdk mersakn nyeri/skit yg amt hebat tpi hnya sesekli sja, ttpi sya mengeluarkn drh segar sprt menstruasi,dn kdang kluar kdang enggak selma 4 hri ni,begitu terus? Kira2 knp ya dok apakh ini tnda keguguran atau penempeln embrio?

  16. erniwati says:

    salam kenal dok, saya ingin bertanya mengenai kehamilan trimester pertama pada orang yang menderita penyakit maag. apakah ada hubungan antara peningkatan asam lambung selama kehamilan trimester pertama? apa dampaknya apabila berpuasa dengan kondisi seperti itu? sebagai informasi selama kehamilan saya sering mengalami heartburn (panas pada ulu hati). kemudian yang kedua, saat ini saya mengandung anak yang kedua, anak pertama lahir cesar dikarenakan jalan keluar bayi sudah bengkak, dan kondisi saya waktu itu selama sehari semalam menahan rasa sakit hanya ada bukaan 1 melulu. padahal sakit seperti rasa terbakar di pinggang belakang disertai mulas. yang ingin saya tanyakan adalah, mungkinkah saya bisa melahirkan normal pada anak kedua yang sedang saya kandung ini? saya melahirkan anak pertama sekitar 6 tahun lalu. terima kasih atas jawabannya dok.

  17. angella s.s says:

    mt sore dok.slm knl.umr sy 25thn usia prnikahan kmi setahun lbih,saat ini sy lg mngndung anak prtama uk.msuk 4bln.yg mau sy tnyakn,bbrpa hari nih badan sy (bokong,kmaluan,kaki,tangan,perut n pinggang) rasax gatal bnget,sy kl mlm sulit tdrx krna sring kbangun krna rasa gatal yg bgtu hbt,klu sy garuk kulit jd merah & bintul2 kcil gtu dok..apa itu bawaan hamil ataukah??mhn pnjlsnx?solusinya sy hrs gmna utk ngilangin rasa gatal trsbt???Godbless.

  18. andreina says:

    Dok,slamat malm dok..saya mau tanya ni..skarang usia khamilan saya 7bulan..dri bulan pertama saya slalu merasakan skit kpala stelah konsultasi k dokter kandungan saya ..saya dberikan obat yg aman untuk janin..paracetamol..hingga saat ini saya masih suka sakit kpala tapi tidak terlalu sakit seperti awal khamilan..konsumsi paracetamol pun bkurang ..saya hanya minum 1-3 tablet perhari(mulai mengurangi 4-5hari saya btahan untuk tidak meminumnya)apakah penggunaan paracetamol yg terlalu sering membahayakan janin saya..??

  19. Mikhayla Mario says:

    Selamat siang dok,, saya baru mengalami IUFD saat kehamilan 6 bln akibat bayi terlilit tali pusar 2x di leher, kata dokter karena tali pusat yang panjang dan bayi yg terlalu aktif.

    Apa yg menyebabkan bayi terlalu aktif?? Apa ada hubungannya dgn vitamin, karena selama hamil saya rajin minum vitamin dan susu hamil.

    Faktor apa yg mempengaruhi panjangnya tali pusat bayi???
    Apa yg menyebabkan air ketuban yg berlebih (polihidramnion) ???
    Terima kasih dok.

  20. Kellyn Lim says:

    Sore dokter..saya mau tanya dok.tanggal 17-9-2013 saya datang haid.
    Dan habis haid saya tanggal 21-9-2013.
    Habis haid saya langsung hubungan sex sama suami.
    Dan sudah 12 hari saya pun langsung cek test hamil dok.
    Tapi pas saya test hamil saya pun belum telat haid dok.
    Dan hasil test hamil nya negativ dok.
    Tapi sekarang saya telat haid sudah 14 hari dok…
    Dan saya dah test hamil lagi.hasil nya pun sudah positiv dok….
    Yang saya tanya kan.berarti hamil saya sudah berapa minggu ya dok.????
    Tolong dok di jawab.terima kasih

  21. Ayu Mayang Sari says:

    Dok saya planing kehamilan. Tp ini belum tau sudah pisitif atau belum. Baru hubungan seminggu yg lalu pd masa subur. Haid masih skitar 1 minggu lagi. Saya mengkonsumsi teh kulit manggis. Amankah dok?

  22. kasmawati says:

    dok sya mau tanxsya hamil usia 8 bulan,tpi perut sy nga terlalu ketat amat atau keras sekali,perut sya agak lembek,apa itu nga pa2 dok,kmarin udah usg ktnx bayinx sehat danberat bdanx normal,cman air ketubanx dikit

  23. Okti susanti says:

    Dok sya mw tanya.. Umur sya skrng 27 thn… Sy skrng lg hamil berumura jln 5 bln.. Tp ko msh merasa mual muntahnya dok..
    Sampe aq merasa lelah n cape di saat mual muntah trsbt…
    Apakah itu bk u/ dri sya dn janin saya dok.. Trim’s minta sarannya…

Trackbacks

  1. […] 17 pertanyaan yang sering ditanyakan ibu hamil — dr […]

Speak Your Mind

*