GA Clinic tutup tanggal 24 - 28 Desember 2014 dan buka kembali tanggal 29 Desember 2014 kemudian tutup lagi tanggal 30 Desember 2014 - 5 Januari 2015.

Bayi Tidak Menangis Saat Baru Lahir?

Suatu hal yang unik dan harus diperhatikan bila bayi tidak menangis saat lahir maka dari ibu harus ketahui penyebabnya dan cari tahu penanganan agar bayi saat lahir bisa menangis dan dipastikan benar-benar dalam keadaan sehat.

Apa Penyebabnya?
Dr dr Effek Alamsyah SpA, MPH, dari RSIA Muhammadiyah, Jakarta Selatan dalam hal ini menjelaskan bahwa bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR) baik yang cukup bulan (aterm) -utamanya bayi yang kurang bulan (preterm)- kadang-kadang menderita keadaan seperti megap-megap, yakni: pernapasan yang dangkal, tidak teratur, kadang berhenti atau sama sekali tidak ada usaha napas (apnea), dinding dada terlihat tidak mengembang dan tidak menangis.

Bila kondisi bayi baru lahir (BBL) mengalami apnea dan tidak menangis menjadi pertanda bahwa bayi yang baru lahir tersebut tidak bugar dan perlu penanganan awal sehingga tidak berlanjut menjadi apnea berulang atau apnea yang berkepanjangan.

Bagaimana Penanganannya?
Bila bayi baru lahir tidak menangis yang disertai apnea, maka dokter akan melakukan tindakan awal seperti :

  1. Menjaga kehangatan bayi, dengan cara mengeringkan dan menyelimuti tubuh bayi.
  2. Memosisikan kepala bayi dengan benar dan bersihkan jalan napas dari lendir, darah dan air ketuban yang kadang-kadang bercampur mekonium, sehingga jalan napas terbuka dan http://clanofthecats.com/ udara yang mengandung O2 dapat masuk ke paru-paru dengan baik.
  3. Melakukan rangsangan taktil yakni dengan menepuk atau menyentil telapak kaki dan menggosok punggung bayi untuk merangsang pernapasan.

Dilakukan Resusitasi.
Jika bayi tetap tidak menampakkan usaha napas dan tetap tidak menangis, maka harus segera dilakukan upaya Resusitasi Neonatus yakni pemberian Ventilasi Tekanan Positif (VTP) dengan menggunakan alat balon dan sungkup oksigen atau tuba endotrakheal selama 15 detik sambil tetap memonitor dan memeriksa denyut jantung bayi dan warna kulit.

Prosedur selanjutnya, sesuai indikasi ditambah dengan kompresi dada dan pemberian obat-obatan misalnya Ephinefrin. Hal ini sesuai dengan prosedur resusitasi ABCD. A=airway (jalan napas), B=breathing (pernapasan), C=circulation (sirkulasi) dan D=drugs (obat-obatan).

Jika ini tak berhasil, maka penyebabnya harus dicari. Bila perlu dipasang CPAP (Continous Positive Airway Pressure) dan ventilator di ruang intensif.

Penyebab Lain
Beberapa faktor yang menyebabkan bayi baru lahir mengalami kondisi megap-megap, antara lain: akibat dari penyakit yang diderita Moms pada waktu hamil (kondisi maternal), kondisi kesehatan Moms dan janin sebelum lahir (faktor antenatal), pada saat persalinan (faktor intrapartum), serta keadaan beberapa saat setelah bayi lahir (faktor post natal).

Beberapa kondisi Ibu yang dapat memengaruhi janin sehingga lahir tidak bernapas dan tidak menangis antara lain: penyakit Diabetes Mellitus, panggul sempit, perdarahan antepartum, anemia dan penyakit-penyakit infeksi, yang mengakibatkan janin dalam kandungan menderita Retardasi Pertumbuhan dalam Rahim (IUGR), ketuban hijau kental, dan ketuban bercampur mekoneum.

Upaya pencegahan yang bisa ibu lakukan antara lain: mendeteksi dan mengobati penyakit ibu selama hamil, melakukan pemeriksaan antenatal secara teratur, melakukan proses persalinan yang aman dan bersih (clean dan safe), serta penanganan bayi baru lahir sesuai standar pelayanan perinatal.

sumber: kesmas.com

About Dr. Gregorius Agung, SpOG
Dr. Gregorius Agung H, SpOG menyelesaikan pendidikan Dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya pada tahun 1992 dan Pendidikan Pendidikan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi di universitas yang sama pada tahun 2002.

Comments

  1. mila says:

    salam… dok, saya mau tanya, pada waktu saya melahirkan air ketuban saya berwarna hijau.. apa akan ada pengaruh nya pada bayi yang saya lahirkan ketika ia dalam masa pertumbuhan.??? dan nangis nya pun jarang… terima kasih… mohon di jawab…

  2. rini says:

    anakkuu dimas 4 thn,
    waktu lahir dlu dia jg tdk langsung menangis,
    skr pertumbuhannya brt bdn bagus, tp blm jalan( ngesot aja) belum berbicara
    tdk ada gejala tuli,kl dipangil menoleh kl disuruh jg kadang2 nurut
    apa sih yg terjadi pada anak saya dan saya hrs bagaimana?????

  3. nefa says:

    dok kakak saya br saja melahirkan melihat gejala bayinya yg baru lahir seperti yg dokter terangkan diatas susah bernafas dan tidak menangis ketika lahir, selain itu juga kuku-kuku si bayi berwarna biru, apa penyebabnya dok dan bisa sembuh ga?

  4. Rahmi says:

    Selamat siang dok, saya mau tanya,,pada hari jumat pukul8.30 pagi tanggal 2 maret 2012 kemaren saya melahirkan anak pertama saya dengan lahir persalinan normal dengan umur kehamilan 39 minggu, berat bayi laki-laki saya 3.4 kg dan panjang 51 cm. Pada saat persalinan menggunakan induksi dan bius ILA (anestesi). Sewaktu dilahirkan anak sya tidak menangis dok..selang beberapa waktu akhirnya dibawa keruang NICU dok, dan hanya bertahan 18 Jam. Pada hari sabtu jam 4 pagi yanggal 3 maret 2012 anak sya dipanggil kehadapan ilahi dok. Apakah sekiranya dok yang menyebabkan anak saya sulit untuk bernafas dok?, sebab sampai sekarang saya masih bertanya2 penyakit apa yang diderita anak saya,, sedangkan sewaktu kehamilan control rutin terus dijalankan dan dokter menyatakan tidak ada masalah dengan kehamilan saya,..terima kasih dok sebelumnya,, saya hanya minta pertolongan untuk ketenangan di hati saya dok.

  5. Mulia Sulistiyono says:

    salam dok…
    saya mau tanya.. istri saya melahirkan anak pertama (18 april) dengan sesar. berat bayi 3,25 panjang 47 cm. istri saya mengalami KPD seminggu sebelum HPL (tgl 17 april). saat itu dokter menyarankan menggunakan induksi pil. setelah 5 kali kira2 30 jam, kemudian dilanjutkan 6 jam dengan infus tetapi hanya bukaan 1. akhirnya saya putuskan operasi, padahal saat itu dokter tetap menyarankan induksi infus sampai botol 2 habis. ketika lahir anak saya tidak menangis dan tubuhnya biru. yang ingin saya tanyakan setelah kurang lebih 2 minggu di rumah, nafas anak saya sering tersengal-sengal. apakah ada hubungannya dengan kelahirannya ?? apa yang harus saya lakukan. terima kasih atas jawabannya dokter

    • Jason says:

      I wish to show thanks to you for bainilg me out of this matter. Right after exploring through the world wide web and getting methods which were not beneficial, I believed my life was well over. Living minus the answers to the issues you have sorted out all through your article is a crucial case, and ones that could have negatively affected my career if I hadn’t noticed the website. Your personal expertise and kindness in taking care of every part was priceless. I’m not sure what I would’ve done if I had not discovered such a stuff like this. I can also at this moment look forward to my future. Thank you very much for this expert and amazing guide. I will not be reluctant to recommend your web blog to anyone who needs and wants tips on this problem.

  6. nuning says:

    salam dok
    Sy ibu nuning usia 37 tahun suami saya 42 thn..saat ini kami ingin sekali memiliki anak lagi mengingat anak pertama saya sudah berumur 14 thn..riwayat kehamilan sy adl 6 bulan sebelum hamil anak sy ini sy pernah keguguran & di kuret usia kehamilan krg lebih 4 bulan..masa nifas sy normal2 sj dan 10 bulan kemudian baru dapat haid lagi sejak saat itu haid saya benar2 kacau kadang bulan ini haid baru 2 bulan lagi haid..sy sdh berobat kemana2 dan dibilang faktor hormonal. apakah diusia sy saat ini masih memungkinkan adanya kehamilan? apa sy ini susah hamil lg karena dampak dari pijat yg saya lakukan stelah masa nifas? ( orang jawa bilang : walik dadah )
    trimakasih dok, saya butuh bgt infonya

  7. nenah says:

    Pgi dok, anak sy skrng umur 4th tp ngomongnya blm lancar,waktu saya melahirkan usia kandungan 36ming,ketuban pecah tp tidak ad kontraksi & bsk mlmnya br anak saya lahir tp tidak menangis seperti cerita dokter diatas. Yang mau saya tanyakan apakah terlambatnya bicara anak saya karena riwayat lahirnya? Bagaimana cara supaya anak saya bicaranya jelas? Terimakasih

  8. laola says:

    siang dok mw tanya kalau bayi setelah beberapa jam tangis merintih dan harus memakai O2 ITU kelainan dari ibu,atw bawaan atw mungkin penanganan yg kurang tepat
    terimakash

  9. joyce says:

    slmt mlm dokter.. sy bru melahirkan dg cara operasi ceasar tp bayi tdk selamat krna mnurut dokter anak yg tngani bayi sy prematur.. skdr informasi bayi sy usia 37 minggu dg berat 2,6kg dan panjang 47cm.. tiap bulan sy selalu konsultasi dan usg bayi sy normal…
    bgtu dilahirkan bayi sy biru tp stlh beberapa saat badan dan wajahnya sdh memerah dan sudah sempat buang air…
    yg ingin sy tnyakan… penanganan sprti apa yg harus di lakukan dokter dg kondisi anak sy yg lahir dg kondisi berwarna biru sprt itu dokter…
    sy sangat mengharap jawaban dr dokter.. krna smpai saat ini sy sama sekali tdk mndapat penjalasan apapun ttg kepastian penyebab meninggalnya bayi sy…
    sy ucapakan terima kasih sebelumnya atas perhatian dokter….